Musrenbang RKPD KP 2020



Acara Musrenbang atau Musyawarah Perencanaan Pembangunan RKPD th 2020 dilakasanakan di aula adikarto Gedung Kaca komplek pemda kabupaten Kulon Progo. Acara tersebut dilaksanakan senin 25 Maret 2019 dengan dihadiri lebih dari 150 peserta. Peserta Musrenbang berasal dari ASN lintas instansi dan juga non ASN baik dari yayasan maupun lembaga lainnya.
Sedikit informasi tambahan Musrenbang RKPD merupakan forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan dalam pembangunan untuk satu tahun kedepan. Jadi bisa dikatan pertemuan ini merupakan musyawarah dalam lingkup yang lebih luas dan menghadirkan orang-orang dari berbagai latar belakang yang bertujuan sama untuk pembangunan daerah.

Acara dimulai dari jam 9 pagi diawalai dengan berdo’a bersama-sama dilanjutkan menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya oleh seluruh perserta. Kemudian dilanjutkan dengan aporan panitia penyelenggara, setelah itu dilanjutkan penjelasan oleh Wakil Bupati Kulon Progo Drs. H.Sutedjo yang kemudian membuka acara Musrenbang secara simbolis.
Dalam pertemuan tersebut membahas beberapa tema diantaranya
- Mempercepat pembangunan infrastruktur pendukung proyek strategis nasional (bandara NYIA dan jalur Bedah Menoreh)
- Meningkatkan kualitas SDM guna meningkatkan daya saing produk lokal dalam revolusi Industri 4.0
- Penurunan angka kemiskinan dan ketimpangan pendapatan masyarakat

Dalam pembahasan tema tersebut dihadirkan juga 4 narasumber yang berkompeten dibidangnya, antara lain Budi Wibowo,S.H. ,MM dari Bapeda DIY dengan bahasan Strategi dan arah Pembangunan Kulon Progo, Sugeng Utomo,S.H. Kepala BPS Kulon Progo dengan bahasan Perencanaan dan Pembangunan berbasis data, Amirullah Setyahadi,Ph.d dari UGM dengan bahasan Industri 4.0 dalam Penurunan Kemiskinan, serta Ir. Agus Langgeng Basuki dengan bahasan Rancangan Program Kerja Pemda di Tahun 2020.
Selain pemaparan dari beberapa narasumber tadi juga diadakan sesi tanya jawab mengenai program-program yang akan dilaksanakan pad tahun 2020, peserta antusias mendengarkan dan berdiskusi dengan narasumber mengenai hal-hal yang dijelaskan, semoga apa yang menjadi pembahasan dalam acara tersebut dapat bermanfaat dalam pembangunan daerah ke depannya.

Komentar

  1. ayo semangat ...buat lagi berita yang terkait dengan kegiatan KIM

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengukuhan KIM CORNIDA